Sedekah Rombongan, Berbagi Tak Perlu Mikir!

SR

Sampaikan titipan langit, tanpa rumit, sulit dan berbelit-belit. Tagline situs SedekahRombongan itu, langsung menusuk batinku saat aku membacanya pertama kali entah sekian waktu silam.

Bagaimana tidak, duluuu, aku masih suka mikir sedikit kalau mau sedekah. Zakat sih karena perhitungan dan aturannya sudah jelas, sudah pasti disiapkan. Tapi sedekah yang aturannya sesuka hati malah terkadang terasa berat untuk dilaksanakan. Belum lagi bingung mau disalurkan kemana, kira-kira mau digunakan untuk apa dan pertanyaan-pertanyaan lain yang justru membuat sedekah sering tertunda atau malah tidak jadi terlaksana.



Padahal sejatinya sedekah atau derma, adalah pemberian seseorang kepada orang lain secara sukarela dan ikhlas tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu. Jadi seharusnya bersedekah itu tak perlu mikir. Siapa yang berhak menerima sedekah? Fakir miskin dan siapa saja yang membutuhkan. Lalu, siapa yang berkewajiban memberi sedekah? KITA SEMUA.

Ya, kita semua. Tak perlu kita miskin atau kaya, masih pelajar atau karyawan, pengangguran atau juragan, aku rasa semua orang punya kewajiban untuk bersedekah. Mungkin ada yang bakal protes "kalau untuk hidup sendiri aja kurang, gimana mau sedekah?". Kalau nuruti kata 'kurang' sih, aku rasa hampir semua manusia di bumi masih merasa 'kurang'. Dan kalau nunggu merasa 'cukup' baru sedekah, kira-kira kapan sedekahnya? Air beriak tanda tak dalam, ayo sedekah sebelum wassalam.
Lagipula sedekah itu sebenarnya tidak mengurangi harta kita kok. Karena di setiap rejeki yang kita terima hari ini selalu ada titipan 'langit' untuk orang lain, maka sedekah justru membersihkan harta/rejeki kita.

Tapi ingat, sedekah harus diniatkan dan ditujukan untuk kebaikan. Nggak boleh sedekah untuk membantu penjahat agar terlaksana niat jahatnya, hehe.

Nah, kalau ada yang pengen sedekah tapi bingung mau disalurkan kemana, silahkan ikut sedekah jalanan yang dikoordinir oleh Sedekah Rombongan saja. Caranya sangat mudah, semudah nyemplungin duit ke kotak amal atau semudah nyodorin recehan ke anak-anak jalanan di perempatan. Cukup transfer ke rekening atas nama Sedekah Rombongan, tak perlu daftar, tak perlu jadi anggota. Sedekah berapapun dan kapanpun terserah. Pertanggungjawabannya gimana? Jangan kuatir, informasi lokasi dan kondisi penerima sedekah dilaporkan secara jelas. Jadi kalau kurang percaya (dan kurang kerjaan) bisa langsung cek lapangan :D

So, rajin-rajin sedekah yuk. Bukan karena kita berharap lebih, tapi semata-mata karena kita ingin berbagi. Selain itu, dalam Islam sedekah memiliki banyak sekali manfaat. Salah satunya, Nabi Muhammad SAW bersabda, "Belilah semua kesulitanmu dengan sedekah."
srbergerak

Comments

Popular posts from this blog

aku tempatmu kembali

Perjuangan Menjemput Matahari #2

Perjuangan Menjemput Matahari #1